[in Bahasa Indonesia] Penerapan Sekolah 5 Hari

Setelah ditelusuri, ternyata opini untuk menerapkan sekolah 5 hari dengan durasi belajar 40 jam seminggu/8 jam sehari mulai tahun ajaran 2017-2018 sudah lumayan lama juga ya keluar, dan saya baru dengar beritanya tadi pagi di radio saat perjalanan ke kantor. Memang keterlaluan anak satu ini, mentang-mentang sudah lulus dari sekolah jadi tidak care lagi dengan perkembangan dunia pendidikan. *lebay*

Mau ga mau saya jadi bernostalgia soal jam sekolah saya jaman dulu. Kebetulan di Indonesia ini tiap ganti menteri pendidikan (tiap kabinet namanya ganti-ganti, mulai dari mendikbud, mendiknas, sampe balik lagi mendikbud), kurikulum sekolah juga pasti ganti. Otomatis, kebijakan soal cara penilaian siswa sampe buku pelajaran yang dipake pasti ganti (dan sayangnya lagi, jarak umur antara saya dan adik saya pas 5 tahun, jadi orangtua kami ga bisa berhemat secara buku yang saya pake ga bisa dipake lagi sama adik saya).

Masa sekolah paling bahagia itu tentunya TK. Sekolahnya sih memang Senin-Sabtu, tapi sistemnya pagi-siang (tiap bulan ganti), sekolah Senin-Jumat 2 jam 15 menit sehari dan Sabtu 1 jam 30 menit saja. Lanjut SD (yang menurut saya kelamaan, sampe-sampe pas kelas 5 saya udah mulai nanya ke nyokap: kapan lulus ya, lama amat sekolahnya?), kelas 1-2 masih sistem pagi-siang dengan durasi yang lebih lama, Senin-Sabtu 2 jam 30 menit sehari, dan kelas 3-6 sekolah seharian (awal-awal kelas 3 rasanya sekolah itu lamaaaaa banget), Senin-Jumat jam 7.00-12.10 dan Sabtu jam 7.00-11.00. Lulus SD, saya sebenernya pengen lanjut ke SMP di negeri sebelah (alias SMP lain, karena TK-SD saya di sekolah yang sama, jadi bosen ketemu lingkungan dan teman-teman yang itu-itu aja), tapi apa daya kepentok ijin. Waktu itu bokap merasa saya masih terlalu kecil untuk dilepas ke sekolah yang jauh, jadi terpaksa saya lanjut lagi di SMP yang sama. Jam sekolahnya Senin-Jumat jam 7.00-13.30 dan Sabtu jam 7.00-11.00, dengan tambahan ekskul dan bimbingan 1-2 kali seminggu jadi pulang jam 4 sore (saya ga pernah ikut ekskul yang ga wajib karena males pulang sore). Tidak ada kendala yang berarti selama SMP, selain masalah psikologis masa puber yang bikin saya dan teman-teman galau ganjen norak nakal (kalau dilihat dari kacamata saat ini).

Lulus SMP, akhirnya saya diijinkan masuk ke SMA yang saya mau, dengan pertimbangan SMA yang bagus menentukan universitas yang bisa ditembus. Jam sekolah masih sama seperti waktu SMP, juga dengan komposisi ekskul dan bimbingan yang sama. Yang paling berkesan dari masa SMA adalah ternyata SMA saya termasuk SMA unggulan, ga cuma di Jakarta tapi di Indonesia, sampe-sampe kepilih jadi SMA percontohan si kurikulum baru (saat itu, tahun 2002), Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Yang paling berubah dari KBK ini adalah sistem penilaian (dan libur) yang tadinya per caturwulan (cawu)/4 bulanan, jadi kaya anak-anak kuliahan, per semester/6 bulanan, dan nilai di raport tidak boleh dibawah 7,5 (saat kelas 1-2) dan 8 (kelas 12). Ya, sistem kelas pun berubah saat naik dari kelas 2 ke kelas 3, karena saat saya kelas 3, KBK mulai diterapkan di semua sekolah lain di Indonesia (atau baru Jakarta ya?), dan sistem penomoran kelas yang tadinya 1-6 SD – 1-3 SMP – 1-3 SMA, diubah jadi kelas 1-12.

Saya inget banget, saat saya SMA itu, saya tiap hari Senin-Jumat pulang jam 13.30 (KBK ini emang sekolahnya cuma 5 hari seminggu) dan hari Sabtu diisi ekskul, sementara temen-temen di sekolah lain rata-rata pulangnya jam 15.30 dan sebagian hari Sabtu masih belajar juga, dan sebagian besar mereka bilang saya enak banget bisa pulang cepet. Saya sih cuma ketawa aja waktu itu, sambil dalam hati setengah menggerutu: apa enaknya?! Loe enak pulang sekolah sore masih sempet main-main, sementara gue begitu sampe rumah harus buru-buru buka PR dan belajar untuk ulangan. Yes, sekolah saya se-nggak santai itu. Disiplinnya amit-amit, pelajarannya intens banget sampe-sampe mau ijin sakit aja mikir 1000 kali (ga masuk 1 hari = ketinggalan pelajaran jauh banget), jadwal ulangan umumnya selalu lebih cepet seminggu dari sekolah lain dan saat anak sekolah lain sibuk ulangan umum, kami pun sibuk dengan pelatihan-pelatihan yang dirancang sama sekolah buat siswinya (mulai dari pelatihan jurnalistik sampe narkoba udah pernah dijabanin deh), dan pelit banget buat ngasih libur (trust me, even jaman-jaman force majeure macam banjir ato demo gede-gedean pun teteeeepp guru-guru rajin kasih tugas buat dikerjain di rumah.. baru saat itu saya ngerasain ‘belajar di rumah’ as in bener-bener belajar dan ga libur).

Jadi menurut saya, diterapkan atau tidaknya aturan sekolah 5 hari seminggu ini betul-betul tergantung dari sekolah masing-masing. Tujuan utamanya kan katanya biar baik guru maupun murid bisa benar-benar memanfaatkan waktu libur akhir pekan untuk keluarga, tapi ya semua tergantung kebijakan sekolah juga. Kalau sudah ditetapkan 5 hari seminggu 8 jam sehari sekolah, harus dipikirkan juga gimana biar anak-anak ga tertekan, apalagi kalau guru-guru masih membebani dengan PR dan ulangan. Yang ada nanti kualitas pendidikan ga membaik, waktu kualitas dengan orangtua juga ga tercapai, ditambah lagi muridnya stress.

*Semoga kualitas pendidikan Indonesia bisa semakin ditingkatkan lagi, terutama dalam era globalisasi ini, agar para pendidik juga bisa memberikan pandangan yang luas kepada para murid sambil mendorong agar murid mau ikut berpartisipasi aktif dalam mengemukakan pendapat di depan umum.

*Bersyukurlah anak-anak jaman sekarang karena populasi guru killer sudah menurun drastis dibanding jaman saya sekolah dulu.

*Setelah hampir 3 tahun ga nge-blog pake bahasa Indonesia, ternyata kangen juga dan lumayan bisa mengalir lancar tulisannya.

Advertisements

[in Bahasa Indonesia] Jangan Masuk ITB

Sudah lama sejak saya post sesuatu di blog ini dalam Bahasa Indonesia, dan jujur saja pemilihan kata saya akan terasa sedikit kaku jadinya, karena sudah tidak biasa menulis dalam bahasa Indonesia (sombong :P).

Saya masih inget banget betapa excited-nya ortu dan keluarga dekat lainnya pas kelas 3 SMA saya memutuskan untuk daftar SPMB (istilah ini berubah-ubah terus dari waktu ke waktu, skarang namanya SNMPTN kalo belum berubah lagi) buat masuk ITB. Saat itu, karna belum ada pendahulu yang bener-bener deket masuk sana, saya juga ikutan excited, dengan bayangan-bayangan indah hasil ‘diracunin’ om saya yang juga lulusan sana (angkatan jebot tapinya). Baru daftar aja udah pada excited, apalagi pas hari pengumuman SPMB dan ternyata saya diterima, girang dan bangganya ortu melebihi saya sendiri.

Masih inget banget hari pertama dateng ke kampus dalam rangka OSKM (Orientasi Siswa Keluarga Mahasiswa), di gerbang kampus ada spanduk dengan tulisan gede-gede: SELAMAT DATANG PUTRA-PUTRI TERBAIK BANGSA. Wow. Baru hari pertama aja udah dibikin gede kepala dengan tulisan begitu. Lalu ada lagi lambang ITB yang kayak begini (harusnya udah familiar ya..):

itb-logo
Kalo kata temen saya: ini menggambarkan kehidupan anak ITB. Titik di atas huruf i dibuat lingkaran gede, melambangkan mahasiswa baru di ITB besar kepala semua karna berhasil masuk kampus yang konon katanya seleksinya susah (well, terbukti juga dengan nyebut kami ini ‘putra-putri terbaik bangsa’, padahal ga semuanya jadi yang terbaik kan). Setelah di dalem, terjadilah si huruf t yang kurus kering. Karna kuliahnya susah dan susah lulus juga, mahasiswa jadi krisis pede dan kurus kering karna stress. Begitu ‘lolos’ (ini becandaan wajar anak ITB), beberapa tahun kemudian kami jadi b, alias bapak-bapak (karna 75%-nya mahasiswa) berperut buncit yang pada jadi bos.

Sepanjang 4 tahun atau lebih, sejak masuk kuliah sampe akhirnya lulus (yang, by the way, bener-bener susah – perkataan orang bahwa di ITB itu “susah masuk susah lulus” itu bukan isapan jempol belaka), dosen-dosen dengan semangat selalu bilang ke mahasiswa bahwa “kalian ini anak-anak terpilih yang berhasil masuk ITB, kalian sudah jadi anak-anak terbaik di Indonesia”. Tujuannya ya biar kami pede, meski sebenernya di dalem kami “berdarah-darah” karena kuliahnya susah dapet nilai bagus, berakibat IP rendah, dan ujung-ujungnya jadi ga pede sama diri sendiri, apalagi pas ketemu sama temen-temen dari universitas lain.

Setelah lulus S1, biasanya kami pun terbagi jadi 3 golongan: golongan idealis-seriusis yang dengan semangat langsung daftar-daftar S2, golongan sok idealis-sok serius (seperti saya) yang langsung daftar S2 tapi dengan kesadaran tinggi bahwa IPK jelek sehingga dengan rendah hati diri cari-cari kerja juga, dan golongan realis-pesimisis yang udah ga kepikir lagi buat lanjut S2 dan langsung mo cari duit aja. Entah kebetulan entah tidak, saya perhatikan, antara teman-teman yang lulusan ITB juga dengan lulusan universitas lain (tidak terbatas pada universitas swasta saja), kami-kami dari ITB sulit sekali dapat kerja. Entah kebetulan entah tidak juga, karena jurusan saya lumayan langka perempuan (perbandingan mahasiswa:mahasiswi per angkatan = 11:1) dan kalau kerja di bidang itu pun sulit untuk perempuan, kesulitan ini lebih tinggi untuk yang perempuan. Beberapa teman perempuan yang tadinya mau jadi golongan 3 terpaksa jadi golongan 1 atau 2, dan sukses dapet beasiswa ke luar negeri (dan sukses juga kerja di negara sana, yang lebih terbuka nerima perempuan untuk kerja di bidang ini).

people

Untuk adik-adik yang masih atau baru lulus SMA dan punya mimpi masuk ITB, saya sarankan:

  • Siap belajar mandiri semasa kuliah. Mandiri ga berarti belajar sendiri-sendiri, karena kadang materi kuliahnya padat, jadi akhirnya kita belajar bareng. Mandiri ini dalam artian, dosen itu ga selalu “nyuapin” mahasiswanya, kita harus kreatif nyari bahan belajar sendiri. Kenalan sama senior juga berguna, tuh, untuk dapet bocoran mengenai karakter dosen-dosen. Karena joke ini bener-bener terjadi.

funny-engineering-class-homework-exam-have-fan

  • Tau mau kerja dimana setelah lulus S1. Saya bahkan bilang ke adik saya sebelum dia ikut SNMPTN beberapa tahun lalu, kalau mau kerjanya di perusahaan swasta, sebaiknya kuliah di universitas lain saja, karena bisa dapet jurusan yang lebih bagus dengan nilai yang bisa lebih bagus juga. Kecuali memang punya cita-cita kerja di BUMN.
  • Atau memang sudah punya cita-cita untuk lanjut kuliah S2. Ada 1-2 orang dosen yang semasa kuliah selalu bilang bahwa kalo S2 itu HARUS ke luar negeri, karena di sana kita belajar lebih banyak daripada kalau kita cuma di dalam negeri. Setelah merasakan sendiri S2 di luar negeri, saya harus setuju dengan mereka. Saya sangat bersyukur kuliah S1 di ITB, karena pas akhirnya kuliah di luar, saya sudah terbiasa baca textbook bahasa Inggris dan belajar mandiri, sehingga ga kesulitan mengejar materi kuliah.

Akhir kata, saya mau bilang: jangan masuk ITB kalau kalian tipe yang mudah nyerah dan bukan tipe high achiever. Memang susah masuk dan susah lulus, tapi saat akhirnya berhasil masuk dan berhasil lulus, berapa tahun pun kuliahnya, bangganya luar biasa. Ortu pun pasti bangga sekali punya anak yang bisa kuliah di sana. 😀

Come On Over (CO2) by Christian Simamora

OK I know I posted way too much of Christian Simamora lately (again, to promote my own blog, I’m linking this post with my previous posts: numero uno and dos), but once I started I just can’t stop myself. Talking about self control.. *rolling eyeballs*

To start, I was a bit shocked when I found this novel in a bookstore rack – it has the same style of cover (juicy abs with huge “CHRISTIAN SIMAMORA” on top), only different logo. Apparently, he mentioned in the prologue that this is his first novel after joining a new publisher. Still, he didn’t forget about the J-boyfriend series where characters from previous novels appear here and there as cameos.

Come on Over by Christian Simamora

Come on Over by Christian Simamora

The main character of this novel is Tata, an orphan tomboy living with her one and only older sister, Ada. Six months after resigning from her job as a designer, she met Jermaine (yes, another J) when doing her duty as a storekeeper in Ada’s Crystal Clear, which, as you can guess from the name, is a crystal store. Jermaine came to buy his girlfriend Liz a music box which he then used to propose her. Unfortunately, Liz rejected his proposal, leaving him heartbroken and leading him back to Crystal Clear in order to get his money back. This second meeting somehow led Tata and Jermaine closer to each other. The bro-friendship started with each of them convincing themselves that a guy and a woman can be just friends without any love intention.

Yes, you’re guessing correctly, no naivity is allowed in any kind of novel – Jermaine and Tata fell for each other after one incident that led to another, only proving that the conviction is not strong enough. At the same time, Liz came back to Jermaine, telling him everything she was feeling, getting him into a dilemma. Being the bigger one, Tata kept her distance from Jermaine, regardless how she felt (clue: badly torn). Typically, they ended up together. *spoiler*

Overall, I’m giving 2 out of 5 stars for this novel. Unlike his other novels, I didn’t really enjoy reading this one. With Christian Simamora, normally I would not be able to stop myself from flipping to the next page. This novel, however, does not have the same effect. It’s a bit boring, even though I like Tata’s character so much. The plus point of this author is that he’s good at describing and personalizing his characters – every name has own character that would be easy to remember.

Good job and wish you the best of luck with the new publisher, Chris! *SKSD*

about keeping English in my head

I was told that our brain functions by memorizing the last 10,000 words we heard and read. That’s why when you’re living in a foreign-language speaking country, you’ll be more effectively familiar to the language than when you’re only having an intensive course in your home country.

Before I left for Australia, my English was considered on average-to-high level. I can speak, read and write fluently to fellow Asians, whose native language is not English, but when I was watching a Hollywood movie, I would need subtitles. At that time, I didn’t have a room for improvement because I was still surrounded by Indonesian-speaking people.

The time came when I had to leave to Australia, where as expected people speak English all the time (despite the fact that I still lived with fellow Indonesians). The first 2 months were the hardest time ever, when I had to ask people to repeat their every word every time and I totally had no courage to do any phone calls. I understood their words, but all the accent things (I have to admit that Aussie accent is the WORST yet it always makes me miss Aussie) happened. Long story short, I adapted pretty well and was finally able to be more English-fluent.

After I finished my study, I decided to go back to Indonesia. I take the risk of losing my English skill if I didn’t use it in a long time. Then, what do I do to keep English in my head? Use the 10,000 words theory and keep writing in this blog in English. That way, I can keep my head thinking in English, even though my speaking skill is decreasing.

Image

the language loop in our brain