[in Bahasa Indonesia] Penerapan Sekolah 5 Hari

Setelah ditelusuri, ternyata opini untuk menerapkan sekolah 5 hari dengan durasi belajar 40 jam seminggu/8 jam sehari mulai tahun ajaran 2017-2018 sudah lumayan lama juga ya keluar, dan saya baru dengar beritanya tadi pagi di radio saat perjalanan ke kantor. Memang keterlaluan anak satu ini, mentang-mentang sudah lulus dari sekolah jadi tidak care lagi dengan perkembangan dunia pendidikan. *lebay*

Mau ga mau saya jadi bernostalgia soal jam sekolah saya jaman dulu. Kebetulan di Indonesia ini tiap ganti menteri pendidikan (tiap kabinet namanya ganti-ganti, mulai dari mendikbud, mendiknas, sampe balik lagi mendikbud), kurikulum sekolah juga pasti ganti. Otomatis, kebijakan soal cara penilaian siswa sampe buku pelajaran yang dipake pasti ganti (dan sayangnya lagi, jarak umur antara saya dan adik saya pas 5 tahun, jadi orangtua kami ga bisa berhemat secara buku yang saya pake ga bisa dipake lagi sama adik saya).

Masa sekolah paling bahagia itu tentunya TK. Sekolahnya sih memang Senin-Sabtu, tapi sistemnya pagi-siang (tiap bulan ganti), sekolah Senin-Jumat 2 jam 15 menit sehari dan Sabtu 1 jam 30 menit saja. Lanjut SD (yang menurut saya kelamaan, sampe-sampe pas kelas 5 saya udah mulai nanya ke nyokap: kapan lulus ya, lama amat sekolahnya?), kelas 1-2 masih sistem pagi-siang dengan durasi yang lebih lama, Senin-Sabtu 2 jam 30 menit sehari, dan kelas 3-6 sekolah seharian (awal-awal kelas 3 rasanya sekolah itu lamaaaaa banget), Senin-Jumat jam 7.00-12.10 dan Sabtu jam 7.00-11.00. Lulus SD, saya sebenernya pengen lanjut ke SMP di negeri sebelah (alias SMP lain, karena TK-SD saya di sekolah yang sama, jadi bosen ketemu lingkungan dan teman-teman yang itu-itu aja), tapi apa daya kepentok ijin. Waktu itu bokap merasa saya masih terlalu kecil untuk dilepas ke sekolah yang jauh, jadi terpaksa saya lanjut lagi di SMP yang sama. Jam sekolahnya Senin-Jumat jam 7.00-13.30 dan Sabtu jam 7.00-11.00, dengan tambahan ekskul dan bimbingan 1-2 kali seminggu jadi pulang jam 4 sore (saya ga pernah ikut ekskul yang ga wajib karena males pulang sore). Tidak ada kendala yang berarti selama SMP, selain masalah psikologis masa puber yang bikin saya dan teman-teman galau ganjen norak nakal (kalau dilihat dari kacamata saat ini).

Lulus SMP, akhirnya saya diijinkan masuk ke SMA yang saya mau, dengan pertimbangan SMA yang bagus menentukan universitas yang bisa ditembus. Jam sekolah masih sama seperti waktu SMP, juga dengan komposisi ekskul dan bimbingan yang sama. Yang paling berkesan dari masa SMA adalah ternyata SMA saya termasuk SMA unggulan, ga cuma di Jakarta tapi di Indonesia, sampe-sampe kepilih jadi SMA percontohan si kurikulum baru (saat itu, tahun 2002), Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Yang paling berubah dari KBK ini adalah sistem penilaian (dan libur) yang tadinya per caturwulan (cawu)/4 bulanan, jadi kaya anak-anak kuliahan, per semester/6 bulanan, dan nilai di raport tidak boleh dibawah 7,5 (saat kelas 1-2) dan 8 (kelas 12). Ya, sistem kelas pun berubah saat naik dari kelas 2 ke kelas 3, karena saat saya kelas 3, KBK mulai diterapkan di semua sekolah lain di Indonesia (atau baru Jakarta ya?), dan sistem penomoran kelas yang tadinya 1-6 SD – 1-3 SMP – 1-3 SMA, diubah jadi kelas 1-12.

Saya inget banget, saat saya SMA itu, saya tiap hari Senin-Jumat pulang jam 13.30 (KBK ini emang sekolahnya cuma 5 hari seminggu) dan hari Sabtu diisi ekskul, sementara temen-temen di sekolah lain rata-rata pulangnya jam 15.30 dan sebagian hari Sabtu masih belajar juga, dan sebagian besar mereka bilang saya enak banget bisa pulang cepet. Saya sih cuma ketawa aja waktu itu, sambil dalam hati setengah menggerutu: apa enaknya?! Loe enak pulang sekolah sore masih sempet main-main, sementara gue begitu sampe rumah harus buru-buru buka PR dan belajar untuk ulangan. Yes, sekolah saya se-nggak santai itu. Disiplinnya amit-amit, pelajarannya intens banget sampe-sampe mau ijin sakit aja mikir 1000 kali (ga masuk 1 hari = ketinggalan pelajaran jauh banget), jadwal ulangan umumnya selalu lebih cepet seminggu dari sekolah lain dan saat anak sekolah lain sibuk ulangan umum, kami pun sibuk dengan pelatihan-pelatihan yang dirancang sama sekolah buat siswinya (mulai dari pelatihan jurnalistik sampe narkoba udah pernah dijabanin deh), dan pelit banget buat ngasih libur (trust me, even jaman-jaman force majeure macam banjir ato demo gede-gedean pun teteeeepp guru-guru rajin kasih tugas buat dikerjain di rumah.. baru saat itu saya ngerasain ‘belajar di rumah’ as in bener-bener belajar dan ga libur).

Jadi menurut saya, diterapkan atau tidaknya aturan sekolah 5 hari seminggu ini betul-betul tergantung dari sekolah masing-masing. Tujuan utamanya kan katanya biar baik guru maupun murid bisa benar-benar memanfaatkan waktu libur akhir pekan untuk keluarga, tapi ya semua tergantung kebijakan sekolah juga. Kalau sudah ditetapkan 5 hari seminggu 8 jam sehari sekolah, harus dipikirkan juga gimana biar anak-anak ga tertekan, apalagi kalau guru-guru masih membebani dengan PR dan ulangan. Yang ada nanti kualitas pendidikan ga membaik, waktu kualitas dengan orangtua juga ga tercapai, ditambah lagi muridnya stress.

*Semoga kualitas pendidikan Indonesia bisa semakin ditingkatkan lagi, terutama dalam era globalisasi ini, agar para pendidik juga bisa memberikan pandangan yang luas kepada para murid sambil mendorong agar murid mau ikut berpartisipasi aktif dalam mengemukakan pendapat di depan umum.

*Bersyukurlah anak-anak jaman sekarang karena populasi guru killer sudah menurun drastis dibanding jaman saya sekolah dulu.

*Setelah hampir 3 tahun ga nge-blog pake bahasa Indonesia, ternyata kangen juga dan lumayan bisa mengalir lancar tulisannya.

As Seen On TV (ASOT) by Christian Simamora

Last month my sister tagged me in a picture of the novel cover, knowing that I’m a fan of Christian Simamora’s J boyfriend series. I’ve been strolling down every bookstore I see ever since, trying to find the book and finally found it last week. Finished reading it in 4 shots – needed to stop myself from reading due to having to work the next day.

Unlike his other J boyfriend series novels, the cover of this novel is not a guy’s bare chest with six-pack abs. It’s still in line with the theme, though, showing a guy’s body with cropped head. This time the guy’s wearing a tux. πŸ™‚

B0HBFCqCMAEurph

Javier Bungsu Vimana (Javi) has been best friends with Kendra Rey ever since they were kids. Javi is a player specialized in one night stands with pretty girls he meets through dating apps. Being a Vimana (a wealthy clan in this series), heΒ owns (only) a small Russian-themed cafe in a mall, Tolstoy, with Kendra as the operational manager. Just as the saying: “men and women can’t be just friends“, Kendra has had a crush on Javi for a long time, of course without Javi knowing. One weekend, to celebrate her best friend’s engagement, Kendra and Javi had a sleepover at Laura‘s villa in Puncak. Laura’s fiance, Mario, asked Javi during their ‘truth or dare’ game if he would have sex with Kendra. In an instant Javi answered no, because Kendra is undesirable – and this answer broke Kendra’s heart.

Things changed between them – the heartbroken Kendra avoided Javi with all she could and changed her looks before she finally recovered. In an event sponsored by Shylock community in Bandung, Kendra met Orion Sentosa, another rich guy of the story who fell in love with her and finally caught her attention. Long story short, they started dating and this fact finally opened Javi’s mind that he’s jealous of Ken dating another man…

my (and apparently someone else's) favorite quote from the book

my (and apparently someone else’s) favorite quote from the book

You should read the rest of the story yourself – that’s why I’m not continuing my story. In his thirteenth novel, Christian Simamora is getting more mature in his writing, making it even harder (than ever) for me to stop flipping from page to page. The story is typical problem everyone meets when being best friends with a member of opposite sex: you might silently have a crush on your best friend while at the same time you’re not comfortable with the thought of approaching him/her because you don’t want to lose him/her as a best friend, but with additional seasoning of drama which will drag you to some emotional states throughout the story.

Overall, I’m giving 4 out of 5 stars for this book. Good job, Christian Simamora. Waiting for your 14th, 15th, …th novels! πŸ˜€

*I scored “Lurah Jboyfriendseries” in the last page’s quiz – I’m a terrible name-recaller – I’d even forgotten the characters’ names of the book I read last month.

Supernova: Kesatria, Putri dan Bintang Jatuh by Dee Lestari

I read the novel for the first time back in 2002 during my first year of high school (the book was launched in 2001). I remember liking the novel but had a hard time reading it because of the incomprehensible concept of the story. Long story short, they made a movie out of this novel and by chance I won free tickets, so it’s so me to buy the novel to read it once more before watching the movie.

IMG_3996.JPG

It was told that a couple of 10 years, Reuben and Dimas, thought of creating something different, and they came up with the idea of writing a novel. Reuben the genius, combined with Dimas the romantic, wrote together a novel inspired by a rare sad ending fairy tale about a knight, a princess, and a shooting star (ksatria, putri dan bintang jatuh).

The knight is someone who fell in love so deep with the pretty princess that he took the only chance the shooting star gave him to take him to the princess’s place beyond the sky. When they arrived, the shooting star was also charmed by the princess that in a moment he left the knight alone in the dark and came to the princess himself.

In parallel universe, there was a young executive, Ferre (the knight), who fell in love with a magazine reporter he met by chance, Rana (the princess). Rana was married to Arwin, so it makes things complicated for the two people deeply in love. Then there came Supernova, the Cyber Avatar of the story, who gave people advices, including our Ferre and Rana. After struggling with things, Rana finally decided to come back to her husband, leaving Ferre deeply heartbroken that he didn’t leave his house for 3 full days, making his across the street neighbor, Diva (the shooting star), worried. Diva was a dangerously pretty and smart, independent woman who is not willing to work in any institution – she made her money by giving people ‘services’ and only the services they are paying for. Diva helped Ferre a lot in transforming to be a real knight, and after she’s done, she left.

Overall, I’m giving 4 out of 5 stars for this novel. Even after reading it for the second time, I’m still amazed by how Dee is telling the story. It’s mysterious in a way and genius in other, giving us a different perspective on how to see the world. It’s hard not to flip to the next page as you finish reading one.

Metropop: A Week to Forever by Stephanie Zen

I received a very interesting email in August 2014, saying that if you order printed books you will get 50% discount for a limited time (you can check it here, books in bahasa Indonesia). I headed to the URL right away only to browse for books under the category “Fiction and Literature” and to be more specific, “Metropop”. (I ended up ordering 4 novels with total price of only 103kIDR including shipping fee.) I’ve finished reading 2 so far, and “A Week to Forever” is my choice to review since surprisingly, the first edition was just launched in August 2014, so it’s quite new.

6 years ago, Amaya and Dirga met in Singapore for the first time. Amaya was a Master’s student and Dirga was a secondary student – Amaya is 5 years older than Dirga. Both felt that there’s something different between them, but were too shy to ask and tell the other. Dirga, the wise, smart, mature 17 year-old boy with his commitment to God and Amaya, the smart and independent 22 year-old girl who loves God more than anything in the world. After one year, they separated just like that, to their own ways.

With their full faith to their God, they’d believed that when they see each other again today, it’s not a coincidence, but it’s God’s will. Having only 1 week to catch up, they didn’t waste their precious time. Both still had that feeling from the past and were very upset with the fact that they see each other again under the condition that Amaya was engaged and getting married in 3 months. Again, they had to go their separate ways. The day finally came when Amaya’s getting married and suprisingly, one incident united them. They were destined to be together, indeed.

Overall, I’m giving 4 out of 5 stars for this novel, though you who aren’t Christian might not like the too-Christian-y way of the writing. What I like about this novel is the way both characters fully put their lives and hearts in the hand of God, fully believe that God’s will is the best and most beautiful for their lives.

Good Fight by Christian Simamora

Good Fight by Christian Simamora, 2014's new cover (image from www.goodreads.com)

Good Fight by Christian Simamora, 2014’s new cover
(image from http://www.goodreads.com)

So I went to the bookstore 2 weeks ago to search for gift idea for my best friend who’s studying abroad and the first thing that came to my eyes was this book instead. I’ve been looking for the novel for the past year and never found it. Apparently they reprint it to match Christian Simamora’s J-boyfriend series’ style: muscly guys’ abs on the cover. *intermezzo: work has been so crazy that even though I finished reading this novel last week, I just have the chance to review it here today*

Good Fight 2012's cover (image from www.goodreads.com)

Good Fight 2012’s cover
(image from http://www.goodreads.com)

Teresia is a successful young lady working as a chief fashion stylist for Mascara (yes, the very same Mascara as the one read by Devika in Guilty Pleasure), together with her best friend Lisa and the two-in-one Sesa and Rian (and yes, this is the same Rian as the one in Guilty Pleasure as well). Ever since she first met Jethro Liem, a photographer for the magazine, they never missed an argument. In short, Tere felt a deep hatred over Jet that Lisa told her to control herself because deep hatred will most likely lead to deepest love. One day, Jet found out the dark side of Tere’s love life: she was the third wheel of her boyfriend’s engagement, just like him and his girlfriend. Being stuck in an elevator together for an hour one night, they shared stories from heart to heart, without any argument this time. Apparently, they were good as friends too when no argument takes place. A surprising move from Jet that night finally changed Tere’s heart – they fell in love and were pretty good at it. The storm passed by when each of their lovers found out they were together, but as other romance novel, they ended up happily ever after. πŸ™‚ Overall, I’m giving 4 out of 5 stars for this novel. This novel from 2012 is the kind of Christian Simamora’s one that I can’t stop reading page after page. Please please please keep up the good work, mate! πŸ˜€ ❀

[in Bahasa Indonesia] Jangan Masuk ITB

Sudah lama sejak saya post sesuatu di blog ini dalam Bahasa Indonesia, dan jujur saja pemilihan kata saya akan terasa sedikit kaku jadinya, karena sudah tidak biasa menulis dalam bahasa Indonesia (sombong :P).

Saya masih inget banget betapa excited-nya ortu dan keluarga dekat lainnya pas kelas 3 SMA saya memutuskan untuk daftar SPMB (istilah ini berubah-ubah terus dari waktu ke waktu, skarang namanya SNMPTN kalo belum berubah lagi) buat masuk ITB. Saat itu, karna belum ada pendahulu yang bener-bener deket masuk sana, saya juga ikutan excited, dengan bayangan-bayangan indah hasil ‘diracunin’ om saya yang juga lulusan sana (angkatan jebot tapinya). Baru daftar aja udah pada excited, apalagi pas hari pengumuman SPMB dan ternyata saya diterima, girang dan bangganya ortu melebihi saya sendiri.

Masih inget banget hari pertama dateng ke kampus dalam rangka OSKM (Orientasi Siswa Keluarga Mahasiswa), di gerbang kampus ada spanduk dengan tulisan gede-gede: SELAMAT DATANG PUTRA-PUTRI TERBAIK BANGSA. Wow. Baru hari pertama aja udah dibikin gede kepala dengan tulisan begitu. Lalu ada lagi lambang ITB yang kayak begini (harusnya udah familiar ya..):

itb-logo
Kalo kata temen saya: ini menggambarkan kehidupan anak ITB. Titik di atas huruf i dibuat lingkaran gede, melambangkan mahasiswa baru di ITB besar kepala semua karna berhasil masuk kampus yang konon katanya seleksinya susah (well, terbukti juga dengan nyebut kami ini ‘putra-putri terbaik bangsa’, padahal ga semuanya jadi yang terbaik kan). Setelah di dalem, terjadilah si huruf t yang kurus kering. Karna kuliahnya susah dan susah lulus juga, mahasiswa jadi krisis pede dan kurus kering karna stress. Begitu ‘lolos’ (ini becandaan wajar anak ITB), beberapa tahun kemudian kami jadi b, alias bapak-bapak (karna 75%-nya mahasiswa) berperut buncit yang pada jadi bos.

Sepanjang 4 tahun atau lebih, sejak masuk kuliah sampe akhirnya lulus (yang, by the way, bener-bener susah – perkataan orang bahwa di ITB itu “susah masuk susah lulus” itu bukan isapan jempol belaka), dosen-dosen dengan semangat selalu bilang ke mahasiswa bahwa “kalian ini anak-anak terpilih yang berhasil masuk ITB, kalian sudah jadi anak-anak terbaik di Indonesia”. Tujuannya ya biar kami pede, meski sebenernya di dalem kami “berdarah-darah” karena kuliahnya susah dapet nilai bagus, berakibat IP rendah, dan ujung-ujungnya jadi ga pede sama diri sendiri, apalagi pas ketemu sama temen-temen dari universitas lain.

Setelah lulus S1, biasanya kami pun terbagi jadi 3 golongan: golongan idealis-seriusis yang dengan semangat langsung daftar-daftar S2, golongan sok idealis-sok serius (seperti saya) yang langsung daftar S2 tapi dengan kesadaran tinggi bahwa IPK jelek sehingga dengan rendah hati diri cari-cari kerja juga, dan golongan realis-pesimisis yang udah ga kepikir lagi buat lanjut S2 dan langsung mo cari duit aja. Entah kebetulan entah tidak, saya perhatikan, antara teman-teman yang lulusan ITB juga dengan lulusan universitas lain (tidak terbatas pada universitas swasta saja), kami-kami dari ITB sulit sekali dapat kerja. Entah kebetulan entah tidak juga, karena jurusan saya lumayan langka perempuan (perbandingan mahasiswa:mahasiswi per angkatan = 11:1) dan kalau kerja di bidang itu pun sulit untuk perempuan, kesulitan ini lebih tinggi untuk yang perempuan. Beberapa teman perempuan yang tadinya mau jadi golongan 3 terpaksa jadi golongan 1 atau 2, dan sukses dapet beasiswa ke luar negeri (dan sukses juga kerja di negara sana, yang lebih terbuka nerima perempuan untuk kerja di bidang ini).

people

Untuk adik-adik yang masih atau baru lulus SMA dan punya mimpi masuk ITB, saya sarankan:

  • Siap belajar mandiri semasa kuliah. Mandiri ga berarti belajar sendiri-sendiri, karena kadang materi kuliahnya padat, jadi akhirnya kita belajar bareng. Mandiri ini dalam artian, dosen itu ga selalu “nyuapin” mahasiswanya, kita harus kreatif nyari bahan belajar sendiri. Kenalan sama senior juga berguna, tuh, untuk dapet bocoran mengenai karakter dosen-dosen. Karena joke ini bener-bener terjadi.

funny-engineering-class-homework-exam-have-fan

  • Tau mau kerja dimana setelah lulus S1. Saya bahkan bilang ke adik saya sebelum dia ikut SNMPTN beberapa tahun lalu, kalau mau kerjanya di perusahaan swasta, sebaiknya kuliah di universitas lain saja, karena bisa dapet jurusan yang lebih bagus dengan nilai yang bisa lebih bagus juga. Kecuali memang punya cita-cita kerja di BUMN.
  • Atau memang sudah punya cita-cita untuk lanjut kuliah S2. Ada 1-2 orang dosen yang semasa kuliah selalu bilang bahwa kalo S2 itu HARUS ke luar negeri, karena di sana kita belajar lebih banyak daripada kalau kita cuma di dalam negeri. Setelah merasakan sendiri S2 di luar negeri, saya harus setuju dengan mereka. Saya sangat bersyukur kuliah S1 di ITB, karena pas akhirnya kuliah di luar, saya sudah terbiasa baca textbook bahasa Inggris dan belajar mandiri, sehingga ga kesulitan mengejar materi kuliah.

Akhir kata, saya mau bilang: jangan masuk ITB kalau kalian tipe yang mudah nyerah dan bukan tipe high achiever. Memang susah masuk dan susah lulus, tapi saat akhirnya berhasil masuk dan berhasil lulus, berapa tahun pun kuliahnya, bangganya luar biasa. Ortu pun pasti bangga sekali punya anak yang bisa kuliah di sana. πŸ˜€

All You Can Eat by Christian Simamora

I’d practically spent my last 3 nights reading this novel in my room (only to get 3 sleepy mornings after, but it’s all worth it). I always like this author since he uses appropriate amount of slang words together with a nice mix of simple English and bahasa Indonesia (unlike those new authors using too much English when the novels are supposed to be in bahasa Indonesia). In addition to that, he seems to have always planned the plot before started writing; it makes his novels consistently interesting from the start till the end, really.

ImageThe tagline of the novel’s cover was “Terkadang, yang tak bisa kamu lupakan adalah seseorang yang tak pernah bisa kamu miliki” (translates to: “Sometimes, the one you cannot forget is the one you can never have”), making people curious about what’s inside the novel (well, at least I was).

The story is about a woman in her early 30, who works as a quite successful scriptwriter in Indonesia, Sarah. The first part of the novel was about her breaking up with her 2-year boyfriend (who’d been living with her, in HER apartment, without paying anything). With the help from her best friend, Anye, she went to Bali to better heal her broken heart and to finish writing her newest script. Unexpectedly, Anye’s little brother, Jandro, was already there by the time Sarah arrived. He was there to also try healing his broken heart after breaking up with his girlfriend. With Jandro being her best friend’s brother, not to mention much younger than she was, Sarah had to make her boundaries; she cannot fall in love with him…

As any other romance novel, this one has a happy ending – the author himself had even written that fact on the back cover. The conflicts are the most interesting to follow as you flip from page to page. πŸ™‚

The downside is, this novel is in bahasa Indonesia and I’m not sure if it’s going to be translated to English. If you read bahasa Indonesia, I highly recommend this novel to you. The conflict about not dating a younger guy can relate more to Indonesian too anyway. πŸ˜‰