panggilan

Hari ini, seperti biasa gue pulang naik angkot yang disambung dengan Kopaja. *ga penting* Dalam perjalanan sekitar 1.5 jam itu, gue agak banyak bengong. Aneh. Bengong bukan hobi gue, karna gue selalu berusaha waspada. Untung ga terjadi apa-apa. Hehe..

Ada satu hal yang baru gue sadari sekarang: saat gue kenal sama orang, satu pertanyaan yang pasti akan gue tanyakan adalah: Panggilan loe apa nih? [Kata “loe” bisa juga digantikan dengan “Bapak” atau “Ibu” atau “Mbak” atau “Mas”, apapun lah. :P]

Gue bukan tipe yang gampang akrab sama orang, jadi mengenai panggilan ini adalah salah satu cara gue mengakrabkan diri sama orang. Ga perlu sampe panggilan di keluarga, cukup panggilan di kalangan temen-temennya aja. Kadang misalnya orang itu punya nama dengan tiga suku kata, gue suka bingung juga kan mo menggal namanya di sebelah mana, jadi gue pikir lebih baik gue tanya aja daripada salah. Yeaa kadang gue suka ngasal juga sih kalo ama yang udah lumayan deket, suka nyiptain panggilan sendiri. Hwehehe..

Gue juga ga pernah protes orang mo manggil gue apapun. Kadang yang suka protes malah nyokap gue, kenapa gue pasrah aja dipanggil pake nama-nama julukan yang jelek didenger orang. Gue punya alesannya: itu artinya si pemanggil sayang ama gue, sampe dibikinin nama khusus segala. Hwehehehe.. Gue yakin, cuma ada dua alesan orang ngasi nama julukan ke orang lain: karna sayang dan karna benci. Dan pikiran naif gue bilang, ga ada yang benci sama gue sampe ngasi nama julukan segala. 😛

Nama adalah identitas yang orangtua berikan pada kita, untuk menjadi nama resmi kita di akta dan surat-surat lainnya. Panggilan adalah identitas yang diberikan orang-orang sekitar kita berikan [bisa juga ortu atau saudara], guna mengakrabkan diri dan mendekatkan hati. 🙂

Leave a Reply

