jurusan

Pernah ngerasa salah jurusan? Wajar kok kalo pernah. Saya juga pernah. 😛 Dan ngerasa salahnya itu justru pas udah akhir-akhir, udah tingkat akhir, lagi ngerjain tugas akhir, dan masa-masa setelahnya saat saya susah nyari kerja.

Masa-masa milih jurusan sampe taun-taun awal kuliah adalah masanya gue berpikir bahwa jurusan itu cuma buat bekal masa depan aja, dan kerjaan kita ga harus berhubungan dengan jurusan. Makin tua gue makin menyadari, pandangan itu terlalu naif. Pada akhirnya, orang akan nyari kerjaan yang berhubungan dengan jurusannya. Beberapa orang memang banting setir, tapi seberapa parah pun “belok”-nya, sebenernya pola pikir kita udah terbentuk oleh jurusan kita.

Mari kita merunut.. IF ONLY you asked me 15 years ago about what major I would take, I would definitely answer “Medicine! I want to be a doctor.” Lantas peristiwa apa yang bikin gue mengurungkan niat itu? Gue bilang ke orang-orang sih gara-gara gue ga becus biologi jaman SMA, tapi sebenernya keinginan untuk masuk teknik elektro itu udah ada sejak SMP. Regardless the fact that my physics teachers were so lame then, I really loved physics. Dengan niatnya gue belajar dari buku pelajaran SMA. O_O *unbelievable for someone like me* Saat itulah gue memutuskan untuk milih teknik elektro. Masuk SMA, tekad itu sempet bergeser sedikit ke teknik kimia, setelah menghadapi kenyataan bahwa fisika gue memburuk dan kimia gue oke. 😛 Tapi berkat pengaruh dari siapa-ya-itu, akhirnya gue kembali ke jalur “yang benar” yakni teknik elektro.

Hmmm.. mo bilang apa ya.. gue ngerasa salah jurusan bukan karna gue ga suka pelajarannya sih. Gue sangat suka dan menikmati belajar ilmu-ilmu kelistrikan *meski sekarang kayak udah terbang semua :P*, tapi gue maluuuuu ngeliat beberapa temen gue yang sangat berdedikasi pada teknik elektro, alias “elektro banget”, yang hobinya ngoprek dan mendalami ilmu tertentu. Gue ga punya keahlian apa-apa, ga bisa apa-apa, dan ngerasa lulus ga berguna. 😛

Sekarang gue menikmati kerjaan gue di bidang yang sesuai jurusan gue, tapi gue pengen suatu hari nanti bisa bikin usaha yang berbeda jauh dengan jurusan gue. Biarlah itu menjadi bekal untuk pola pikir gue di masa depan. Hehe.. 🙂

Leave a Reply

