respek vs takut

Jarang-jarang nih gue nulis blog kepikiran judulnya duluan baru nulis isinya. Biasa kalo kayak gini kasusnya, gue ga lancar nulis isinya. Moga-moga aja kali ini ga gitu ya. Gue uda lumayan nganggur 3 hari terakhir ini, diem-diem di rumah aja ga boleh ke kantor, disuru istirahat ama dokter, jadi berasa ga produktif sama sekali. *curcol*

Gue gatau sih gue nulis ini nanti orang yang gue omongin bakal baca ato ga, kalo baca ya paling gue ditegor, tapi kalo ga baca ya sukur. 😛

Critanya ada orang yang pernah ngomong ke gue tentang betapa bangganya dia berhasil bikin orang-orang sekitarnya takut sama dia karna kegalakannya. Hmm.. disadari ato ga, secara otomatis kalo ketemu orang macem gini, gue biasanya malah jadi ngelawan. Gue dibesarkan oleh kedua orangtua yang bisa dibilang “lunak” sama anak. Saat ortunya temen-temen gue sibuk mukulin anak-anaknya karna dapet nilai jelek ato dipanggil guru di sekolah, ortu gue mah santai-santai aja. (Ini terjadi sama temen gue yang ranking 1 juga, jadi gue didiemin bukan karna gue kepinteran. *kali aja ada yang mikir gitu*)

Semakin besar, mata gue makin terbuka. Banyak guru yang ditakutin anak-anak karna galak. Ya, pas itu sih gue juga ikutan takut, anak kecil kan emang hobinya ikut-ikutan, bukan?? 😛 Setelah sebuah insiden yang mengorbankan gue [ga perlu kita bahas di sini lah ya, guru yang bersangkutan juga uda tiada *kalo ga salah] dan bikin bokap gue marah [yes, bokap gue yang super sabar itu marah! :D], baru mata gue terbuka, emang ga gitu caranya ngedidik orang. Gara-gara itu, gue ga lagi takut sama guru-guru galak. Gue “lawan” aja mereka, dengan cara melakukan semua kesukaan mereka. Mungkin terkesan menjilat, tapi gue juga tetep jaga jarak sama mereka. Ga mau deh deket-deket, males juga kan?!

Herannya, sampe jaman kuliah gitu masih ada aja dosen yang modelnya kayak gitu. Killer. Dan ditakuti orang-orang. Gue yaaa lumayan takut juga sih, tapi ya gitu, hindari aja hal-hal yang dia ga sukai. Dengan begitu, posisi gue aman.. 😀

Gue ngeliat, sebenernya dalam kasus ini ada dua macam rasa yang bisa ditumbuhkan orang dengan sikapnya: respek dan takut. Saat kita bisa mengeluarkan wibawa kita di depan orang lain (tetap bersikap biasa saja tapi bisa menumbuhkan rasa hormat orang-orang yang bekerja bareng kita), orang akan respek ke kita. Tapi saat yang kita keluarkan adalah kemarahan, kata-kata kasar dan caci-maki, yang ada orang nurut sama kita bukan karna respek, tapi karna rasa takut. Dan rasa takut itu sifatnya ga abadi. Respek lah yang lebih abadi dan dihormati orang. Akan dikenang orang terus.

Jadi, yang mana yang mau kita tumbuhkan di benak orang lain? Respek atau takut? Itu terserah Anda. 🙂

Have a nice weekend. 🙂

2 thoughts on “respek vs takut

Leave a Reply

