maintenance

Kalo ditanya: Apa yang paling payah dilakukan orang Indonesia?

Jawabannya pasti: maintenance.

Kita terbiasa ga ngerawat barang-barang yang kita punya, sehingga semuanya jadi cepat rusak. Tenaga ahli untuk mempertahankannya pun ga ada. Kita cuma bisa jualan dan bermanis-manis untuk ngebujuk orang membeli ato menggunakan jasa kita, tapi setelah produk ato jasa itu dibeli, kita ga melakukan servis yang memuaskan. Akibatnya, orang banyak kecewa dengan kinerja kita.

Contoh paling baru saat ini: amblasnya jalan RE Martadinata sepanjang lebih dari 100 meter. Katanya sih sekarang lagi dicari tau penyebabnya, diduga ada rongga di tanahnya. Nah sekarang, kenapa bisa ada rongga? Kenapa rongga itu baru “diduga ada” setelah amblas, bukan dari sebelumnya?

Hal yang sama juga terjadi pada jalan tol Cipularang yang menghubungkan Jakarta dengan Bandung. Baru berusia beberapa bulan waktu itu, sebagian jalan amblas, ga jelas karna apa. Mungkin karna fondasi yang kurang mantap karna pembuatan jalan yang terlalu terburu-buru atau mungkin juga karna emang tanah di situ kurang bagus untuk dibangun jalan. Ga ada yang tau. Orang cuma ngejar target jalan itu harus selesai dan bisa digunakan, ga peduli akibatnya pada pengguna setelah itu. Begitu terjadi kecelakaan, baru deh diselidiki lagi.

Auk ah gelap. *ngeloyor*

Advertisements

2 thoughts on “maintenance

  1. Namanya jg Indonesia Nez, kl blon ada yang mati blon masuk kategori parah. G usah jauh2 jalan raya, game online aja masi suka payah administrasinya.

    Tp sbnernya yg paling payah bukan urusan maintenance, tp menghargai orang laen. Yg punya proyek mgkn g bgitu menghargai usaha pembuat jalannya dan pemakai jalannya, makanya g gitu diperhatiin.

    Yg maintenance jg pasti mikirnya “gw krja d digaji kecil, orang boro2 ada yg bilang makasi ke gw, malah yg ada gw dikucilkan trus, lama2 males jg gw ngurusnya”.

    Skedar pemikiran kecil aja.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s