I’m sorry

Sejak gue kerja, setiap pagi kalo gue ngantor di kantor *nah loh bingung kan loe*, gue pasti naik bus Transjakarta dan turun di halte Karet (halte depan kantor) kemudian jalan ke kantor. Dalam perjalanan gue di halte Karet itu, setiap pagi juga gue ketemu dua orang peminta-minta: satu orang *maaf, gue lupa bahasa halusnya* cacat dan satu nenek yang membawa cucunya (or “cucu”, whatever), dan setiap pagi juga gue ga pernah ngasi mereka sepeser pun.

Bukannya gue ga punya rasa kemanusiaan sehingga gue ga mo ngasih, tapi gue males aja kalo gue ngasih terus ujung-ujungnya duit gue masuk ke kantong tengkulak (orang yang mendistribusikan peminta-minta secara merata di satu daerah). Mungkin gue mikir terlalu jauh ya, tapi ngebayanginnya aja gue udah males. OK lah kalo si orang cacat gue masi maklum, tapi si nenek sebenernya masi bisa kerja, kenapa dia males banget malah minta-minta?! (Oh yeah, gue baca artikel yang isinya tentang pendapatan pengemis per hari: 280ribu! That’s bigger than me. o_O)

Gue masih lebih ngehargain pengamen–meski mereka juga suka ada tengkulaknya–yang setidaknya masih ada usaha dan modal gitar+nyanyi *meski kadang nadanya fals semua* untuk minta duit. Kalo untuk pengamen biasanya gue lebih rela ngeluarin duit (apalagi yang suaranya bagus).

Jadiii.. buat si orang-orang di jembatan penyebrangan Karet, I’m sorry.. 😦

Leave a Reply

