the power of “don’t”

Singkat aja ya, gue lagi pegel-pegel, baik badan maupun otak. Kalo badan gara-gara tadi jalan panas-panas dari halte pasar baru sampe kantor bokap yang notabene di seberangnya Budi Utomo (15 menit bok jalannya, panas terik pula), kalo otak gara-gara banyak pikiran aja. *curcol*

Sadar ga sih, secara psikologis, kita bakal melakukan hal sebaliknya dari yang orang bilang ke kita? Pas kecil, kalo dibilangin ama ortu “jangan ujan-ujanan”, misalnya, maka secara refleks pas ujan turun kita malahan bakal segera keluar rumah dan ujan-ujanan. Penasaran, kenapa sih ortu ngelarang kita buat ujan-ujanan? Selama kita ga nemu bahaya dan gaenaknya dari ujan-ujanan (FYI, gue dulu sangat suka ujan-ujanan dan untungnya ga pernah sakit gara-gara itu :P), bakal kita lakuin terus.

Sifat itu ternyata ga cuma pas kita kecil lho, setelah kita dewasa gini juga sifat itu masih terus ada. Ortu suka pesen “jangan pulang malem-malem”, misalnya, trus gue malah mencari celah biar bisa pulang malem. Malah begitu ortu diem-diem aja setelah gue beberapa kali pulang malem, gue tobat sendiri, ga pulang malem lagi.

Dalam hidup gue (ga pake “kita” karna di orang lain belum tentu kayak gue juga), sering sekali gue mendengar kata “jangan” datang dari mulut orang-orang yang lebih tua dari gue. Awalnya tentu dari ortu, kemudian setelah sekolah dari guru, setelah kuliah dari dosen, dan setelah kerja dari bos. Pada dasarnya semua sama, kalo dibilang “jangan A”, maka gue akan refleks penasaran, ada apa dengan A sebenernya? Terus malah ngelakuin A, yang jelas-jelas dilarang.

Dalam beberapa kasus gue nurut sih, kalo dibilang jangan ya jangan, tapi dalam 70% kasus gue akan ga nurut dan tetep ngelakuin hal yang dilarang. Hohoho.. ternyata saya ini bandel juga ya. 😛

One thought on “the power of “don’t”

Leave a Reply

