puasa pikiran

Gue gatau apakah paham ini sama untuk setiap agama, tapi di agama gue, pemikiran buruk pun udah diitung dosa. Yaa ga seberat kalo dilakukan beneran sih (misalnya dia berpikir buat ngebunuh, tapi ga ngebunuh ya tetep dosanya beratan yang udah ngebunuh), tapi tetep aja udah termasuk dosa.

Di bulan puasa ini, gue baru kepikiran, berarti bener-bener berat ya, karna kan ngendaliin pikiran itu susah banget. Hal pertama yang terjadi begitu kita ngeliat ato ngedenger sesuatu adalah pikiran kita melayang ke hal tersebut, dan pemikiran kita tentang suatu hal ga selalu baik. Beeegghhh salut dah buat temen-temen gue yang puasa, bisa ngendaliin pikiran-pikiran semacam itu. Gue sih ga bakal bisa. Hehehe.. Meski di agama gue ada yang namanya puasa, tapi gue ngejalaninnya bener-bener cuma nahan laper dan emosi doang, ga sanggup nahan pikiran jahat. 😛

Dari segala macem hal yang termasuk dosa: pikiran, omongan, perbuatan, kelalaian *ini isi doa di gereja gitu :P*; peringkat pertama dipegang oleh pikiran menurut gue. Kalo omongan jelas bisa kita kendaliin, meski kadang keceplosan, tapi masi bisa diusahakan dengan membiasakan diri mikir berkali-kali sebelum suatu buah pikiran diomongin. Kalo perbuatan sih lebih jelas lagi, kita ga bakal berbuat kalo emang otak kita merintahin buat ga berbuat. Soal lalai, kalo kita ngebiasain ngendaliin diri untuk omongan dan perbuatan, gue rasa kelalaian bisa dihindari deh.

*post geje*

Leave a Reply

