semua agama baik, …

Bahasan ini sengaja gue pisahkan, padahal masih ada kaitannya dengan obrolan sejam lebih bersama si supir taksi. [Baca di sini.] Selain pembahasan yang umum seperti yang gue bahas di situ, ada juga bahasan yang sebenarnya agak sensitif dan agak mustahil [dan janggal] diomongin sama orang yang baru kenal: agama.

Si supir taksi mengakui dengan bangganya bahwa dia adalah seorang Muslim, dipanggil “Ustad” pula di lingkungan tempat tinggalnya. Dia nanyain agama gue apaan, dan gue jawab aja dengan defensif. Dia bilang: “Saya udah beberapa kali bikin orang pindah ke Islam, tapi ya bukan karna saya paksa, karna mereka ngerasa ga nyaman aja dengan agama yang sebelumnya. Saya bilang ya boleh kalau mau belajar Islam sama saya.” Makin lama omongannya makin menjurus, jadi gue bilang aja: “Yaa pada dasarnya semua agama baik.”

Dia bilang: “Ya, emang bener, semua agama baik, tapi kalo buat saya sih akhirannya bukan titik, tapi koma. Semua agama baik, tergantung orangnya. Islam juga baik, tapi kenapa bisa ada teroris? Di semua agama juga ga ada yang nyuruh umatnya membunuh orang lain. Itu kesalahan pribadinya sendiri, cuma ya salahnya orang karna langsung ngecap jelek satu agama.”

Pandangan yang menarik. Dan tepat sih menurut gue. Mo agama apapun emang ajarannya baik, tapi segala sesuatu pasti kembali ke manusianya. Kalo menjalankan ajaran agamanya dengan benar sih ga bakal terjadi kejahatan. Kejahatan itu terjadi karna manusia ga menganut agama ato ga menjalankan ajaran agamanya dengan benar.

*Maaf ya kalo ada yang tersinggung dengan postingan ini.

Advertisements

3 thoughts on “semua agama baik, …

  1. menurut saya jawaban yang salah,karena masing2 agama mengatakan agama nyalah yang paling baik,and so,kalau semua agama baik,buat apa ada agama lagi,terus kenapa kalau kamu disuruh pindah agama kok kagak mau?kan semua baik??ini adalah faham yang disebarkan oleh ajaran Humanismenya Freemasonry dan illuminati sejak puluhan tahun yang lalu,yang menjadi musuh semua umat beragama,maukah islam disamakan dengan kristen?maukah kristen disamakan dengan kong hu cu?dll…….jadi yang benar adalah pelajari agama kamu dengan mendalam dan seksama,jangan hanya asal punya agama di ktp saja, coba fahami dengan hati yg jernih,maka kamu akan menemukan agama mana yang paling baik….

    Like

    • kayaknya terjadi salah tangkap di sini. yang saya maksud di posting (yang notabene dari TIGA TAHUN LALU..) ini adalah: dalami agama yang kita anut, tapi juga dengan mengakui bahwa semua agama baik. kalau kita tidak dalam hati mengakui itu, maka perang yang mengatasnamakan agama akan terjadi di mana-mana. 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s