cover

Dua hari yang lalu, dalam perjalanan pulang ke rumah dari kantor, tiba-tiba gue keingetan bahwa gue suka banget nontonin video orang yang nge-cover lagu orang lain [baca: nyanyiin ulang] di YouTube. Terutama pas jaman-jaman ngerjain TA [Tugas Akhir] sih, kalo sekarang udah jarang, ga sempet. 😦 Nah lagi mikir gitu terus aja kepikiran buat nulis.

Paling aman tuh emang bikin cover orang lain ya: kalo sukses bakal jadi terkenal, kalo gagal semua orang cuma bakal mikir “Yah namanya juga masi amatir..”

Psikologis aja sih. Saat seseorang masih baru dan kurang berpengalaman dalam suatu hal, orang lain bakal ngeliat dia secara remeh, makanya kalo tau-tau dia sukses semua orang bakal kagum dan memuja-muja dia. Hasilnya? Langsung terkenal. Tapi sebaliknya, saat seseorang udah terkenal dan “punya nama”, semua orang bakal berharap lebih dari dia, ga peduli kondisinya. Sekalinya hasil karyanya menurun, ga ada deh tuh pujian ato kata-kata hiburan macemnya “yah wajar sih kalo dia begitu, kan dia lagi… [isi titik-titik dengan kondisi buruk yang menimpa orang itu]”, yang ada malah dia makin dijelek-jelekin yang berujung pada keburukan namanya.

Orang yang bikin cover itu bakal dinilai sebagai “orang baru” yang belum berpengalaman, makanya proses psikologis yang gue jabarkan di paragraf sebelumnya terjadi. Seandainya dia udah terkenal pun, cuma di kalangan terbatas pastinya, dan sekalinya dia jelek, orang-orang cuma bakal bilang “Yaa namanya juga bukan artis beneran, wajar lah kalo jelek.”

So would we be someone who does the cover version of someone else or be “someone” who will be covered by someone? 🙂 [berusaha tetap ceria di penghujung weekend]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s