pernah kaya

Beberapa bulan yang lalu, sebelum gue mule kerja dan kerjaan gue di rumah cuma seharian online messenger *curcol*, seorang teman curhat sama gue tentang gajinya yang ga cukup buat hidup sehari-hari karna selalu abis. Gue lantas berpikir dan berhitung: gaji dia lebi gede daripada gaji gue sekarang. OK lah dia ngekost, tapi uang bulanan kostnya juga lebih murah daripada uang kost gue pas di Bandung, jadi kalo itungan kasar gue, harusnya gaji dia tu cukup banget, bahkan bisa nabung. Tapi ga gitu dengan kasusnya dia. Dia bawa mobil jadi uang bensin lebi mahal, trus dengan centilnya dia nge-gym yang lumayan makan biaya juga. Tapiiiii yang paling parah adalah uang makannya. Dia sangat sering makan di luar dengan harga yang ga murah.

Lantas gue bercerita pada temannya dia yang juga teman baik gue. *pengadu banget ga sih?!* Kata si temen gue ini: “Yaaa gmana ya Nez, gaji gue sama sih sama dia, dan buat gue, gue bisa nabung sekarang. Susah sih emang, dia pernah kaya, kalo gue pernah miskin, jadi lebi gampang ngatur duitnya.”

Setelah dipikir-pikir, bener juga sih, temen gue yang boros itu sebelumnya belum pernah tinggal jauh dari ortu, dan selama ini idupnya enak-enak aja, semua kebutuhan tinggal bilang aja pasti dikasih sama ortunya. Sementara gue dan si temen bae gue, pernah tinggal jauh dari ortu dan merasakan gimana harus hidup dengan duit yang pas-pasan sehingga mengharuskan ngirit. Sedikit-banyak kebiasaan itu mempengaruhi gaya hidup juga, gue jadi terbiasa buat ga harus semua kebutuhan gue terpenuhi, bisa menghitung-hitung prioritas; kalo ga penting-penting amat ya gausa dipenuhi gapapa.

Gue lantas bertekad: tidak akan membiarkan anak-anak gue nantinya hidup dalam kemewahan, secukupnya aja biar mereka tau sendiri gimana enaknya bisa ngumpulin duit sendiri. [Kayak gue tau aja :P]

*BTW, I saw the suspected she-male again this morning. And still resulted nothing; I didn’t dare to look at her closely. Maybe next time I’ll greet her and introduce myself so I’ll know her real identity. 😛

Leave a Reply

