saya lahir dan besar di Indonesia, jadi saya……??

*ini adalah post pertobatan, stelah sekitar smingguan kemaren membuat post yang isinya terlalu personal dan emosional*

Ampir 23 taun idup, makin gede makin sering gue dibilang “Loe kan China, Nez..” [kalo datengnya dari temen-temen gue sih diomonginnya in a good way, tapi kalo dari orang luar, hmm.. entahlah, terserah mereka aja]

Gue sebenernya bingung aja.. gue lahir dan besar di Indonesia, bahkan dari moyang ke buyut ke kakek-nenek dan orangtua gue juga lahir dan besar di Indonesia, kalo diitung-itung mungkin udah lebih dari 7 generasi, kenapa juga gue masi dikatain bgitu?! Gue lebih merasa sebagai orang Indonesia daripada orang China, gue bahkan belum pernah menginjakkan kaki di tanah China *mule ga nyambung*. Gue tidak berbahasa China [sering ditanya “Loe bisa baca ini?” *sambil nunjuk huruf China di undangan kawinan* ato “Loe ngerti lah yaa..” *sambil nonton film berbahasa China*], malah cenderung puyeng kalo denger orang ngomong dengan bahasa bernada tinggi itu. Kalo ucapan dan pertanyaan dateng dari temen-temen deket gue sih, gue bakal dengan santai menanggapi “Ga ngarti.. gue kan China gadungan.” ato “Hahaha.. dasar, loe juga kan *****” [bintang-bintangnya diisi dengan suku si temen gue *oops*].

Yang paling nyebelin tuh pemikiran orang-orang bahwa warga keturunan seperti gue ini pasti pintar dan kaya. Mereka belum liat aja, makin ke sini makin banyak kok warga keturunan yang tinggal membaur dengan orang asli Indonesia, di pedalaman, di gubuk-gubuk. Waktu itu pernah ada liputan di Kompas tentang warga keturunan yang tinggal di Kepulauan Bangka, mereka sebagian besar kerja sebagai petani. Yaa tau lah, kalo jadi petani [bener-bener petani yang turun langsung ke ladang/sawah, bukan petani yang cuma nyuru-nyuru orang] sulit untuk jadi kaya. Mengenai kepintaran, sebenarnya orang Indonesia sendiri juga pinter, cuma kadang lebih malas, sementara warga keturunan itu, sejak kecil diajarkan untuk rajin belajar dan ulet bekerja. [Bukan bilang orang Indonesia ga ada yang diajarin begitu ya.. gue kenal beberapa orang yang di keluarganya diajarin buat begitu lho.]

Kenapa sih harus rasis? Jujur nih, kalo ditanya sama orang luar negri, gue orang apa, gue bakal jawab orang Indonesia. Gue ga kenal dengan negri China, jadi mana mungkin gue sayang sama negara itu?! Tak kenal maka tak sayang kan.. 😛 Btw, maaf buat siapa aja yang tersinggung dengan post gue ini, ga bermaksud apa-apa, hanya menyampaikan pendapat gue. 🙂 Tulis komen aja kalo ga suka.

Leave a Reply

